Selasa, 30 April 2013

Museum Tosan Aji


Keris dan Samurai
Museum Tosan Aji berdiri pada tanggal 13 April 1987 di Kutoarjo. Moseum ini dipimpin oleh menteri dalam negeri yaitu Bapak Surono Mankoparkom.  Ada makna tersendiri dari kata Tosan Aji. Makna tosan yaitu besi, baja. Dan makna aji yaitu sesuatu yang memulai nilai kharisma. Visi dan misi Moseum Tosan Aji adalah untuk ikut membantu pengetahuan budaya. Kebanyakan barang-barang yang berada di dalamnya berupa keris.
Karena keris merupakan simbol dari Moseum Tosan Aji. Didalamnya juga ada pedang, tombak, samurai, jundrik, kujang, (keris kecil yang digunakan pendekar perempuan). Kujang adalah senjata khas Pajajaran.

Terdapat koleksi-koleksi lainya seperti lingga, arca, patung, gong, besi, baja. Kebanyaka koleksi tersebut merupakan barang temuan dan sumbangan dari warga.
Moseum Tosan Aji termasuk  UPT dan K. Kemudian Tosan Aji dipindahkan di Jln. Meijen Sutoyo No.10 tanggal 10 Juni 2001. Tempat tersebut merupakan bekas pengadilan negeri Purworejo.

Jadwal jamnya mengikuti wankap Purworejo, karcisnyapun harganya berbeda. Jika untuk sekedar  membuat laporan atau keperluan lain membayar Rp. 1000,-, dan jika untuk rekreasi membayar Rp. 4000,-.

Jika kalian ingin tahu lebih lanjut tentang Moseum Tosan Aji, langsung saja datang ke Kabupaten Purworejo. Mari kita kunjungi tempat-tempat wisata di Purworejo. Dan lestarikan budaya-budaya yang ada di kota kita. Kita harus bengga dengan hasil kekeyaan dan keindahan dari kota kita tercinta.

rima,yosie,ika,wiwit,ilyas_red

Tidak ada komentar:

Posting Komentar