Senin, 11 Februari 2013

CURUG NGAGLIK: Objek yang Terpendam

Banyuasin merupakan sebuah wilayah yang jarang orang mengetahuinya. Apalagi jika terbagi atas beberapa desa, kemudian dibagi lagi menjadi sebuah dusun. Mungkin orang yang belum pernah menginjakkan kaki kesana akan semakin bingung. Siapa yang menyangka di sebuah desa di Banyuasin, ternyata ada objek wisata yang familiar disebut “curug” oleh warga setempat. Di dusun Ngaglik, desa Kemejing tepatnya. Untuk sampai ke tempat tersebut, kita bisa menggunakan jasa angkutan dari jalan raya provinsi, kemudian belok ke arah Banyuasin.
Lalu turun tepat di jalan masuk menuju desa Kemejing. Desa ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu Kemejing Utara dan Selatan yang dibatasi oleh sungai. Curug tersebut berlokasi di Kemejing bagian Utara. Karena terletak di ujung desa, tepatnya di dusun Ngaglik, kita bisa berjalan kaki atau mengendarai sepeda motor. Jika menggunakan kendaraan roda empat, areanya tidak memungkinkan. Jarak tempuh dari jalan raya sekitar 2 km. Untuk itu kita perlu membawa bekal yang cukup dan menyiapkan energi

Setelah sampai di lokasi, rasa lelah akan terbayarkan dengan panorama yang indah dan suasana yang menyejukkan. Pada musim penghujan, aliran air sangat deras. Sebaliknya, jika musim kemarau justru kurang begitu menakjubkan. Di tempat ini terdapat genangan air yang sangat dalam. Menurut penuturan warga setempat, dulu genangan air ini pernah diukur kedalamannya dengan menggunakan sebilah bambu. Namun tidak tembus ke dasarnya. Meskipun sudah diganti dengan bambu yang lebih panjang, tetap tidak bisa dijangkau.

Curug ini dulunya akan direkomendasikan sebagai objek wisata, tetapi dibatalkan entah karena alasan apa. Mungkin karena curug ini terletak di pelosok desa, sehingga ketidaktersediaan area parkir yang luas menjadi alasan utama. Selain itu, medan yang dilalui juga cukup ekstrem. Bayangkan saja, kita berjalan melewati pinggir sungai yang banyak bebatuan tinggi, jika tidak berhati-hati kita pasti tercebur ke sungai. Apalagi jika kita menggunakan alas kaki, resiko basah kuyup pasti tidak dapat dihindari

Ternyata di daerah terpencilpun masih ada objek indah yang belum kita ketahui. Sebagian dari kita hanya berambisi untuk berlibur ke luar negeri. Padahal di negeri kita sendiri masih banyak objek wisata yang tidak kalah menariknya dengan wisata mancanegara. Mari kita cintai alam kita. (eksa-red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar