Senin, 14 Januari 2013

Tes Uji Coba (TUC) Tahap 2 SMK TI Kartika Cendekia


Tes Uji Coba  Ujian Nasional SMK TI Kartika Cendekia Purworejo untuk kali kedua dilaksanakan mulai tadi pagi. Pelaksanaan TUC direncanakan 3 kali lagi sampai dengan menjelang pelaksanaan ujian nasional (UN). “Setiap kali pelaksanaan TUC,  sekolah mentargetkan ada kenaikan, baik nilai tiap mapel atau tingkat kelulusannya”,  kata Ibnu Haris selaku urusan kurikulum sekolah.


Salah  satu fungsi TUC bagi siswa adalah sebagai alat ukur kesiapan dirinya dalam penguasaan materi pelajaran khususnya materi yang diujikan secara nasional. Sedangkan bagi guru tentu sebagai alat control untuk mengetahui kemampuan siswa pada materi pelajaran yang diampunya, terutama materi-materi esensial. Sehingga setiap pelaksanaan TUC akan segera dianalisis dan dipetakan sehingga guru dapat melakukan tindakan yang tepat untuk memperbaiki kekurangan pada KD tertentu pada siswa yang kurang.

Berbeda dengan soal TUC tahap pertama,  pada TUC  tahap dua ini soal dibuat oleh MKKS Kabupaten Purworejo.  Haris menambahkan bahwa hasil TUC akan dapat menjadi alat ukur yang valid bila dalam pelaksanaan sesuai standar, mulai dari kecukupan waktu, bobot dan kualitas soal sampai pada pengawasan dan kejujuran.

Di akhir sesson wawancara Haris memberikan nasihat kepada anak Kelas XII agar selalu memperhatikan kondisi mental tetap tenang dan stabil,  menjaga ketahanan fisik dengan olah raga,  pola makan, istirahat yang cukup dan teratur serta berdoa.  Mudah-mudahan bila semua ini terlaksana sesuai dengan yang direncanakan Insyaallah keberhasilan sudah digenggaman tangan. Amin Ya Rabbal Alamin.

1 komentar: