Selasa, 30 April 2013

KUDA KEPANG KEMBALI MUNCUL



Kesenian Jaran Kepang
Saat ini kesenian Jaran Kepang atau sering disebut dengan kuda kepang, di Purworejo sudah semakin berkembang pesat. Dulu mungkin sangat jarang bagi kita untuk menemukan kesenian ini namun, sekarang hampir sebagian desa-desa di Purworejo sudah mempunyai tradisi atau kesenian Jaran Kepang tersebut.

Pemainnya mulai dari anak-anak hingga orang dewasa bahkan orang tua, Anak kecil pun sudah sangat pandai mementaskan kesenian ini. Dari SD sudah ikut mementaskan Jaran Kepang.
Kesenian jaran kepang sendiri biasanya di tampilkan dalam berbagai macam acara misalnya pada acara hajatan, tasyakuran, pentas pertunjukan dan lain-lain. Para penontonnya pun banyak, mungkin karena kesenian Jaran Kepang adalah kesenian asli dari daerah Jawa
Kesenian ini sudah banyak di minati oleh masyarakat padahal dulu sekitar 5-9 tahun yang lalu kesenian ini sangat jarang. Tetapi karana kesadaran seniman-seniman, bisa membuat kesenian ini semakin hidup.
Jika bukan kita sendiri yang menjaga kesenian asli dari budaya kita mau siapa lagi? Oleh karena itu tetap lestarikan dan cintailah budaya kita, karena merupakan kesenian asli daerah Jawa dan merupakaan warisan yang tak tergantikan dan berharga. 
UGI.red

Tidak ada komentar:

Posting Komentar